Road Show Gubernur Kaltim ke Kementerian

JAKARTA - Mewujudkan percepatan pembangunan di daerah, mulai dari pembangunan infrastruktur hingga sumber daya manusia (SDM). Pemprov Kaltim dipimpin Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Pelaksana Tugas (Plt) Sekprov Kaltim Rusmadi dan Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim M Sa’bani bersama pimpinan SKPD terkait di lingkungan Pemprov Kaltim akan berkunjung ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Bappenas, Pekerjaan Umum (PU), Perhubungan dan Kementerian Koordinator Perekonomian.

Sesuai informasi yang disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Adrinof Chaniago baru-baru ini bahwa program pembangunan, khususnya infrastruktur di Kaltim yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) ternyata sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) periode pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK).

“Informasi Bappenas, bahwa pembangunan infrastruktur di Kaltim seiring dengan program pemerintah pusat dalam RPJMN. Dari informasi tersebut, maka Pemprov Kaltim gerak cepat untuk mengetahui program mana saja yang mendapatkan dukungan sebagai prioritas diselesaikan pada periode ini,” kata Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim yang ikut dalam rombongan Gubernur, Kamis (19/3).

Selain itu, kunjungan ini bertujuan untuk mengsinkronisasikan program Pemprov Kaltim usulan 2016 dengan program pusat, khususnya yang menjadi kewenangan pemerintah pusat melalui  pembiayaan APBN.

Kunjungan tersebut diawali pertemuan dengan jajaran pejabat eselon I PPN dan Bappenas di Kementerian PPN yang dipimpin Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setprov Kaltim HM Sa’bani bersama jajaran Bappeda Kaltim, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Badan Pengelola Kawasan Perbatasan, Pedalaman dan Daerah Tertinggal (BPKP2DT), Badan Ketahanan Pangan dan Biro Bangda.

Kemudian Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Plt Sekprov Kaltim Rusmadi, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan jajaran pejabat eselon II dan III Bappeda Kaltim, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Perkebunan, Dinas Peternakan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Perhubungan, Badan Pengelola Kawasan Perbatasan, Pedalaman dan Daerah Tertinggal (BPKP2DT).

Badan Ketahanan Pangan, Biro Bangda berkunjung ke Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) 20 Maret 2015, kemudian dilanjutkan 23 Maret 2015 berkunjung ke Kementerian PU, 24 Maret 2015 Kementerian Perhubungan dan 25 Maret 2015 ke Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian.

“Pemprov Kaltim juga ingin memastikan program prioritas infrastruktur di dua kementerian terkait, yakni Kementerian PPN-Bappenas dan Kementerian Kordinator Bidang Perekonomian. Secara umum di Kementerian Koordinator Perekonomian Pemprov Kaltim ingin memastikan program pengembangan di Kawasan Ekonomi Khusus, sehingga mampu menunjang pembangunan ekonomi di Kaltim,” jelasnya.(jay/sul/hmsprov)

Sharing berita ini:

Berita Lainnya