Program Pembangunan Tahun 2015 Harus Berjalan Baik dan Tuntas

SAMARINDA - Plt Sekprov Kaltim H Rusmadi mengingatkan agar semua program pembangunan, khususnya proyek-proyek strategis bisa berjalan baik dan tuntas, sehingga dapat memberikan manfaat langsung kepada masyarakat.

"Satu hal yang masih sering  menjadi persoalan kita adalah terkait dengan percepatan proses lelang. SKPD harus berkomitmen agar proses lelang paling lambat bisa selesai dan  berjalan akhir bulan Maret ini," kata Rusmadi dalam arahannya pada apel gabungan yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubenur Kaltim, Selasa (17/3). 

Lebih lanjut dikatakan, terkait dengan percepatan proses lelang, tentu hal ini tidak bisa dilakukan perseorangan. Hal yang harus dilakukan adalah setiap pegawai  konsisten dan berkomitmen untuk memberikan perhatian penuh untuk melakukan upaya dalam rangka percepatan lelang. Sebab jika lelang  lambat atau gagal, pasti pelaksanaan pembangunan juga akan terhambat. Bahkan tidak jarang menimbulkan masalah-masalah hukum di kemudian hari. 

"Oleh karena itu,  tidak ada cara lain bagi kita, untuk terus melakukan upaya-upaya bagaimana proses lelang itu bisa cepat selesai. Selambatnya sudah kita mulai di akhir  Maret ini," seru Rusmadi.

Selanjutnya Rusmadi juga mengingatkan agar semua pihak, baik Pengguna Anggaran  (PA),  Kuasa Pengguna Anggaran (KPA)  termasuk Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK)  untuk bisa bertanggung jawab terhadap semua kegiatan   secara tuntas, serta melaksanakan manajemen secara berjenjang. Persoalan yang ada do di PPTK hendaknya sudah bisa diselesaikan di KPA.  Kecuali jika terjadi masalah yang memang memerlukan pimpinan diatasnya untuk menyelesaikan.

"Ya kalau kita semua melaksanakan manajemen secara berjenjang, insyaallah, semua program dan kegiatan bisa kita selesaikan secara tuntas," ujar Rusmadi, seraya menambahkan agar jangan sampai pejabat eselon II justru disibukkan untuk menyelesaikan urusan-urusan teknis yang menjadi tugas pejabat dibawahnya. (mar/sul/hmsprov)  

Sharing berita ini:

Berita Lainnya