Pra Rakornas Informasi Geospasial Tahun 2018

Pra Rakornas IG mengarahkan bahwa Penyiapan RPJMN IV 2020-2024 di bidang IG harus selaras dengan RPJPN 2004-2025. Selain itu, BIG sebagai koordinator penyelenggaraan IG mampu menyusun rencana Penyelenggaraan IG yang konsisten dan berkelanjutan dengan menyertakan selutuh pemangku kepentingan di bidang IG sehingga pembangunan bidang IG di RPJMN 2020-2024 nantinya mampu mendukung dan mensukseskan prioritas pembangunan nasional sesuai cita-cita dan janji presiden. Beberapa isu strategis terkait penyelenggaraan IG di antaranya adalah implementasi kebijakan Satu Data, Geostatistik, dan Sustainable Development Goal's (SDG's). Pelaksanaan Rakornas IG mampu mengawal arah kebijakan pembangunan bidang IG sehingga memenuhi target-target yang telah ditetapkan dalam RPJMN 2015-2019 Bidang IG. Dengan adanya Rakornas IG, dapat diketahui gap yang terjadi antara target dan kondisi eksisting pelaksanaan RPJMN 2015-2019, sehingga dalam perencanaan program dan penganggaran ke depannya diprioritaskan untuk pemenuhan target RPJMN 2015-2019.

Pra-Rakornas IG mengawal pelaksaan kebijakan lain yang menjadi prioritas pemerintah, misalnya terkait evaluasi implementasi percepatan kebijakan satu peta. Pra-Rakornas IG menyepakati arah kebijakan pembangunan bidang Informasi Geospasial tahun 2015-2019  yang diamanatkan RPJMN 2015-2019, yaitu :

Peningkatan koordinasi penyelengaraan Informasi Geospasial; Penyelengaraan Informasi Geospasial yang mengacu kepada Informasi Geospasial Dasar (IGD) sebagai Referensi Tungal; Penyelengaraan data dan informasi geospasial untuk mendukung pembangunan wilayah dan sektor, khususnya sektor pangan, energi, maritim dan kelautan, serta pariwisata, penyediaan infrastruktur dan layanan sosial dasar masyarakat, serta keperluan tata ruang; Penyebarluasan dan pemanfaatan Informasi Geospasial untuk perencanaan pembangunan nasional dan penyusunan kebijakan publik. Pemenuhan SDM dan kelembagaan bidang Informasi Geospasial secara terpadu; dan penyediaan teknologi dan industri penyelengaraan Informasi Geospasial secara mandiri.

Sesi Pembahasan dalam Pra-Rakornas IG dibagi kedalam 3 Kelompok Kerja sebagai berikut :

POKJA 1 memaparkan matriks Program-Kegiatan-Sasaran-Indikator yang terkait dengan penyelenggaraan IG di masing-masing K/L, sesuai yang tercantum di lampiran dokumen RPJMN 2015-2019. Pimpinan Pokja meminta konfirmasi atas pencapaian hasil dari Program-Kegiatan tersebut dalam hal target output, anggaran, dan lokus/wilayah kegiatannya dan rencana pemenuhannya sampai tahun 2019.

POKJA 2 memaparkan matriks Program-Kegiatan-Sasaran-Indikator yang terkait dengan percepatan kebijakan satu peta di masing-masing K/L, sesuai yang tercantum di lampiran perpres Nomor 9/2016 tentang pelaksanaan percepatan kebijakan satu peta pada tingkat ketelitian peta skala 1:50.000. Pimpinan Pokja meminta konfirmasi atas pencapaian hasil dari Program-Kegiatan tersebut dalam hal target output, anggaran, dan lokus/wilayah kegiatannya dan rencana pemenuhannya sampai tahun 2019. Capaian program percepatan Kebijakan Satu Peta dapat diakses di alamat web www.big.go.id/capaian-ksp

POKJA 3 memaparkan matriks indikasi Program-Kegiatan-Sasaran-Indikator terkait dengan penyelenggaraan IG di masing-masing K/L yang antara lain terkait dengan isu-isu strategis diantaranya kebijakan Satu Data, SDG's, Open Government Indonesia (OGI), geostatistik sebagai masukan penyusunan RPJMN IV 2020-2024.

Sharing berita ini:

Berita Lainnya