Pemprov akan Bangun Pusat Pendidikan Autism di Bontang

SAMARINDA-Autism  adalah istilah yang merujuk pada sekumpulan gangguan perkembangan yang mempengaruhi otak. Gangguan pada otak ini mempengaruhi kemampuan seseorang untuk berkomunikasi, menjalin hubungan dengan orang lain, dan merespon dunia luar dengan baik.

Terkait dengan penyandang autism, Pemprov Kaltim sangat menaruh perhatian yang luar biasa. Hal itu dibuktikan dengan akan dibangunnya pusat pendidikan austism di Kota Bontang.

"Insya Allah, dalam waktu dekat kita akan bangun pusat pendidikan autism di Kota Bontang, dimana lahannya sudah tersedia," kata Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak, pada acara Walk for Autism yang berlangsung di halaman Kantor Gubernur Kaltim, Sabtu (4/4).

Awang Faroek, meminta kepada para orang tua autism untuk tetap semangat dan tidak berkecil hati, karena pemerintah tetap memberikan fasilitas  yang layak  agar masa depan anak-anak mereka semakin baik, sehingga kelak berguna bagi  masyarakat, nusa dan bangsa.  

Perwakilan KNPI dan HIPMI Kaltim Oni Fahrizal mengatakan, jumlah penderita autism terus bertambah. Sejumlah media menyebutkan tahun 2000 di setiap 500 kelahiran satu diantaranya autism dan pada tahun 2010 meningkat menjadi satu berbanding 100, artinya setiap 100 kelahiran satu diantaranya menderita autis.

Sementara itu, Vice Presiden Junior Cember Internasional (JCI) Kaltim I Gede Sudiana mengatakan, peringatan hari autism  sedunia yang dilaksanakan setiap 2 April adalah  salah satu bentuk kampanye untuk meningkatkan kepedulian masyarakat dunia pada penderita autism. 

Acara Walk for Autism diikuti kurang lebih 600 peserta yang secara resmi dilepas oleh Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak ditandai dengan pengibaran bendera start di halaman Kantor Gubernur Kaltim. Tidak saja melepas, Gubernur Awang Faroek juga  ikut berjalan kaki bersama rombongan walk for autism. Rombongan di lepas dari halaman Kantor Gubernur lalu berjalan di Jalan Gajah Mada dan kembali ke Kantor Gubernur. (mar/sul/hmsprov)

Sharing berita ini:

Berita Lainnya