Lingkungan

Daerah Kalimantan Timur yang terdiri dari luas wilayah daratan 127.267,52 km2 dan luas pengelolaan laut 25.656 km2, terletak antara 113o44' dan 119o00' Bujur Timur, dan antara 4o24 'Lintang Utara dan 2o25' Lintang Selatan. Dengan adanya perkembangan dan pemekaran wilayah, Kalimantan Timur yang merupakan provinsi terluas kedua setelah Papua  pada tahun 2012 terbagi menjadi Kalimantan Timur (terdiri dari 7 Kabupaten dan 3 kota) dan Kalimantan Utara (terdiri dari 4 Kabupaten dan 1 Kota).

Tujuh kabupaten tersebut adalah Paser dengan ibukota Tanah Grogot, Kutai Barat dengan ibukota Sendawar, Kutai Kartanegara dengan ibukota Tenggarong, Kutai Timur dengan ibukota Sangatta, Berau dengan ibukota Tanjung Redeb, Penajam Paser Utara dengan ibukota Penajam dan Mahakam Ulu dengan ibukota Long Bagun. Sedangkan tiga Kota adalah Balikpapan, Samarinda, dan Bontang. Dengan demikian, wilayah Kalimantan Timur akhirnya terdiri dari 103 kecamatan dengan 1020 desa didalamnya.

Kalimantan Timur merupakan salah satu pintu gerbang utama di wilayah Indonesia bagian Timur. Daerah yang juga dikenal sebagai gudang kayu dan hasil pertambangan ini mempunyai ratusan sungai yang tersebar pada hampir semua  kabupaten/kota  dan  merupakan sarana angkutan utama di samping angkutan darat, dengan sungai yang terpanjang Sungai Mahakam.

Provinsi Kalimantan Timur terletak di paling timur Pulau Kalimantan dan sekaligus merupakan wilayah perbatasan dengan Negara Malaysia, khususnya Negara Sabah dan Sarawak. Tepatnya provinsi ini berbatasan langsung dengan Kalimantan Utara di sebelah Utara, Laut Sulawesi dan Selat Makasar di sebelah Timur, Kalimantan Selatan di sebelah Selatan, dan Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah serta Malaysia di sebelah Barat.

Daratan Kalimantan Timur tidak terlepas dari perbukitan yang terdapat hampir di seluruh kabupaten. Jumlah danau di provinsi ini juga cukup banyak yaitu sekitar 18 buah.  Sebagian besar danau-danau tersebut berada di Kabupaten Kutai Kartanegara dengan danau yang paling luas yaitu Danau Semayang dan Melintang yang masing-masing mempunyai luas area 13.000 ha  dan 11.000 ha.

 

Sharing berita ini:

Berita Lainnya