Kunjungan dan Verifikasi Bhumandala Award Tahun 2018

Pada tanggal 7 September 2018 (Jumat) yang lalu, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menerima Kunjungan dan Verifikasi dari Tim Juri Bhumandala Award 2018 di Ruang Rapat GSCC Bappeda Provinsi Kalimantan Timur. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka Penilaian Penghargaan Jaringan Informasi Geospasial Daerah terbaik untuk Tahun 2018, yang penilaiannya meliputi Aspek Kebijakan, Kelembagaan, Infrastruktur dan Teknologi, Sumber Daya Manusia, dan Standarisasi Data, dimana pada tahun 2016 yang lalu, Pemprov Kaltim berhasil meraih Peringkat 1 Nasional.

Tim Juri Bhumandala Award kali ini dipimpin oleh Bpk Heri Sutanta (UGM) dan Bpk Bebas Purnawan (Univ. Pakuan), sedangkan pemaparan dari Bappeda disampaikan oleh Kabid Prasarana Wilayah Bpk. Yusliando. Pada kesempatan kali ini hadir pula Kepala Dinas Perkebunan (Bpk. Ujang Rachmad) yang memberikan pemaparan terkait dengan pembangunan dan operasionalisasi WEB GIS Perkebunan sebagai salah satu Unit Produksi di JIGD Provinsi Kalimantan Timur. Selain itu, hadir pula Ketua P2-IIG Universitas Mulawarman (Bpk. Yohanes Budi), BPS, Dinas PUPRPERA, Dinas ESDM, Dinas Kominfo, dan Unit-Unit Produksi lainnya.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh Bappeda, disampaikan progress perkembangan Jaringan Informasi Geospasial Daerah di Provinsi Kalimantan Timur melalui Penyelenggaraan One Data One Map sebagai berikut :

KEBIJAKAN : Diterbitkannya Pergub No. 41 Tahun 2016 ttg Penyelenggaraan One Data One Map

KELEMBAGAAN : Dibentuknya UPTB Pusat Data dan Informasi di Bappeda Kaltim

INFRASTRUKTUR TEKNOLOGI : Dibangunnya Data Center Geospasial dan Ruang Geospatial Support Command Center

SUMBER DAYA MANUSIA : Pelaksanaan Pelatihan GIS, Penginderaan Jauh, dan Foto Udara

STANDARISASI DATA : Penerapan Katalog Unsur Geografi Indonesia dalam IGT (Struktur Data dan Metadata)

Setelah melaksanakan presentasi dan diskusi, Tim Juri juga melakukan penilaian lapangan terhadap fasilitas Data Center Geospasial dan Geospatial Support Command Center yang ada di Kantor Bappeda. Selain itu, penailaian terhadap fitur dan kemudahan akses perolehan data di dalam Geoportal One Data One Map juga dicermati oleh Tim Juri.

Untuk selanjutnya, mari kita DOAKAN dan DUKUNG Kalimantan Timur agar mampu MEMPERTAHANKAN Prestasi Penghargaan Bhumandala di Tahun 2018 ini.

Sharing berita ini:

Berita Lainnya