Kesehatan

Pembangunan sektor Kesehatan meliputi seluruh siklus atau tahapan kehidupan manusia. Bila pembangunan kesehatan berhasil dengan baik, maka secara langsung atau tidak langsung akan meningkatkan kesejahteraan. Kebijakan pembangunan sektor Kesehatan adalah bagian yang sangat penting dalam meningkatkan sumber daya manusia, program kesehatan telah dimulai atau bahkan prioritas utama pada generasi berikutnya terutama calon bayi (ibu hamil) dan anak-anak berusia di bawah lima tahun (balita).

 

Sampai dengan tahun 2008 pemerintah telah membangun 161 unit pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) dan 589 unit Pustu (Puskesmas pembantu). Dan pada tahun 2012 terdapat 172 unit puskesmas dan 568 unit Pustu tersebar di seluruh wilayah operasional kabupaten/kota bahkan telah mulai mencapai pedalaman Kalimantan Timur. Peningkatan jumlah Puskesmas /Pustu perlu diimbangi dengan jumlah dokter yang memadai. Jumlah dokter di Puskesmas pada tahun 2008 sebanyak 660 orang dan kemudian menjadi 513  dokter di 2012.

Jumlah rumah sakit pada tahun 2012 sebanyak 42 unit dengan jumlah tempat tidur pada tahun 2012 adalah 4.538 tempat tidur.

Peningkatan jumlah pelayanan kesehatan masih diperlukan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat sekaligus secara tidak langsung dapat mengurangi biaya kesehatan untuk masyarakat luas. Jumlah dokter, tenaga medis, paramedis, non teknis medis terus meningkat. Untuk dokter umum pada tahun 2011 berjumlah 673 orang, dan tahun 2012 meningkat berjumlah 794 orang. Demikian pula untuk dokter spesialis, walaupun jumlahnya tidak bertambah secara signifikan.

 

 

Sharing berita ini:

Berita Lainnya