Sosialisasi Bhumandala Award 2020

Hari/Tanggal:Rabu, 19 Agustus 2020

Tempat:Ruang Rapat Subbid Data dan Informasi (ex UPTB)

Pukul:10.00 – 12.00 WITA

Acara:Sosialisasi Bhumandala Award 2020

PESERTA

1. Bappeda Kalimantan Timur (Pokja Pengelola dan Penyebarluasan Jaringan Informasi Geospasial Daerah)

2. SKPD Provinsi Kalimantan Timur (Pokja Produksi)

3. Badan Informasi Geospasial

4. Pokja Pengelola dan Penyebarluasan Jaringan Informasi Geospasial Daerah Kabupaten/Kota se Kaltim

5. Pokja Produksi Kabupaten/Kota se Kaltim

6. Pusat Pengembangan Infrastruktur Informasi Geospasial (PPIIG) LP2M Universitas Mulawarman

 

 

PELAKSANAAN KEGIATAN 

1. Sambutan/Pembukaan acara oleh Kepala Bappeda yang diwakili Kepala Bidang P3D sekaligus memberikan paparan JIGD Provinsi Kalimantan Timur.

2. Paparan dari PPIIG yaitu Peran PPIIG dalam Optimalisasi Simpul Jaringan Daerah

3. Paparan Kepala Bidang Pengembangan Kelembagaan Dan Simpul Jaringan Informasi Geospasial yaitu BHUMANDALA AWARD MENUJU SIMPUL JARINGAN DENGAN KINERJA OPTIMAL.

4. Paparan dari BIG yaitu: Penjelasan Formulir Bhumandala Award 2020 dan Pemanfaatan Aplikasi SIMOJANG untuk Pelaporan Kinerja Simpul Jaringan Secara Online

5. Diskusi.

INFORMASI YANG DIPEROLEH

1. JIGD Provinsi Kalimantan Timur atau yang dikenal dengan One Data One Map Provinsi Kalimantan Timur dengan alamat geoportal https://onedataonemap.kaltimprov.go.id dilaunching oleh Gubernur Kaltim dan Deputi BIG di Samarinda tanggal 2 April 2014.

2. One Data One Map Provinsi Kalimantan Timur adalah suatu sistem yang bertujuan untuk mewujudkan SATU BASIS Data dan Informasi Geospasial Tematik yang AKURAT dan TERPUSAT untuk mendukung penyelenggaraan pembangunan daerah. Sedangkan sasarannya adalah: tersedianya DG dan IGT, terintegrasinya DG dan IGT, tersedianya Sarana Berbagi-Pakai dan Optimasi Pemanfaatan DG dan IGT.

3. Dasar hukum penyelenggaraan JIGD Provinsi Kalimantan Timur adalah Peraturan Gubernur Kalimantan Timur Nomor 41 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan One Data One Map Provinsi Kalimantan Timur.

4. Kelompok Kerja Pengelolaan Dan Penyebarluasan adalah Bappeda Provinsi Kalimantan Timur, sedangkan saat ini Kelompok Kerja Produksi terdiri dari 25 Perangkat Daerah Kalimantan Timur, BPS Kaltim, BPN Kaltim, dan PPIIG UNMUL.

5. Sampai saat ini ketersediaan informasi geospasial dalam geoportal one data one map adalah sebanyak 80 IGT dari target 200 IGT (sampai tahun 2023).

6. Simpul JIGD Kabupaten/Kota sampai saat ini yang telah aktif adalah Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Kutai Kartanegara, dan Berau dan belum aktif adalah Samarinda, Paser, Penajam Paser Utara, Kutai Barat, dan Mahakam Ulu.

7. Beberapa penghargaan yang pernah diperoleh oleh Provinsi Kalimantan Timur dalam penyelenggaraan JIGD adalah sebagai berikut:

• Tahun 2014, sebagai Juara Favorit pembangunan Jaringan Informasi Geospasial Provinsi.

• Tahun 2015, sebagai Nominee Simpul Jaringan Daerah Terbaik 2015 melalui program One Data One Map Kalimantan Timur.

• Tahun 2016, Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan anugerah Bhumandala Award kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur, sebagai daerah Penyelenggara Simpul Jaringan Informasi Geospasial Terbaik 1 untuk Kategori Provinsi.

• Tahun 2018, Penghargaan Bhumandala Simpul Jaringan Informasi Geospasial Tahun 2018 kategori Simpul Jaringan Provinsi “Bhumandala Rajata”.

8. PPIIG LP2M Unmul memberikan dukungan terhadap Penyelenggaraan Jaringan Informasi Geospasial Daerah (JIGD) di Provinsi dan Kabupaten/Kota di Kalimantan Timur.

9. Dasar hukum Pemerintah Daerah dalam membangunan JIGD adalah UU No. 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial.

10. Pembangunan 5 elemen Infrastruktur Informasi Geospasial untuk memenuhi mandat Simpul Jaringan adalah Kebijakan, Kelembagaan, SDM, Standar Data Dan Informasi Geospasial dan Teknologi.

11. Status Simpul Jaringan Provinsi Per Desember 2019 pada 34 Provinsi sebagai berikut:

• 18 Provinsi dengan status Geoportal Mandiri dan 16 Provinsi dengan status Geoportal dari Cloud BIG.

• Status Peraturan dan Kelembagaan yaitu Optimal (21 Provinsi), Operasional (5 Provinsi), dan Berkembang (8 Provinsi).

• JIGD Provinsi Kaltim masuk dalam status Geoportal Mandiri dan Optimal.

12. BIG dalam melakukan monitoring status simpul jaringan informasi geospasial nasional dengan menggunakan aplikasi SIMOJANG, dibangun sebagai salah satu alat untuk melihat kondisi simpul JIGN maupun JIGD ditinjau dari 5 pilar infrastruktur informasi geospasial.

13. Saat ini terdapat 240 simpul jaringan Provinsi dan Kabupaten/Kota yang telah terkoneksi dengan JIGN.

14. Bhumandala Award adalah bentuk apresiasi BIG kepada simpul-simpul jaringan dengan tujuan memotivasi, menginspirasi, memperkuat dan meningkatkan semangat K/L/P dalam membangun pilar-pilar IIG agar terus terbina secara berkelanjutan menuju Simpul Jaringan yang Optimal.

15. Bhumandala Award 2020 yaitu penghargaan yang diberikan kepada: 1) Kementerian/Lembaga di tingkat pusat, 2) Pemerintah daerah provinsi, 3) Pemerintah daerah kabupaten, 4) Pemerintah daerah kota. Kategori tambahan yaitu: 1) Geoportal terbaik, dan 2) Pemanfaatan Simpul Jaringan terbaik.

16. Tahapan Bhumandala Award 2020:

• Penilaian dokumen (70%) terdiri dari 1). Peraturan & Kebijakan (15%); 2). Kelembagaan (15%); 3). Sumberdaya Manusia (20%); 4). Teknologi (22%); dan 5). Standar, Data, dan Informasi Geospasial (28%) 

• Penilaian Online (30%) terdiri dari: 1). Operasionalisasi Geoportal (60%); 2). Operasionaliasi Web GIS (30%); dan 3). Informasi Geospasial dalam website Lembaga (10%).

• Verifikasi dan Presentasi Final terdiri dari 1). Verifikasi kesesuaian isian formulir; 2). Presentasi Simpul Jaringan dan diskusi; serta 3). Paparan Sarana dan Prasarana (video).

 

Share: